Sambut Hari Santri Nasional 2024, MWC NU Turi Gelar Serentak Khotmil Qur'an

Lamongan, beritakota.net | Jelang Hari Santri Nasional (HSN) 2024, segenap pengurus MWC NU Turi Kabupaten Lamongan mengawali serentak kegiatan Khotmil Qur'an. 

Acara penuh khidmat ini melibatkan Ketua PRNU dan Ketua Ta'mir Masjid/Musholla NU se Kecamatan Turi itu digelar di Musholla Lembaga NU MWC Turi, Ahad (6/10/2024). 


Sebelumnya secara resmi MWC NU Turi mengedarkan surat himbauan bernomor: 09/MWC/PAN-HSN/X/2024, isi surat ditujujukan kepada Pengurus Ranting NU (PRNU) se Kecamatan Turi dan Ketua Ta'mir Masjid/Musholla NU se Kecamatan Turi untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. 


Tampak acara berlangsung khidmat dihadiri langsung Ketua MWC NU Turi H. Sunhaji dan Syuriah MWC NU Turi KH Ali Musta'in didampingi jajaran Syuriah Kyai Syaiful. 


Mengawali serangkaian kegiatan MWC NU Turi dalam menyambut HSN tahun ini, untuk mengenang perjuangan Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari pendiri NU dalam meperjuangkan kemerdekaan bangsa ini melalui Fatwa Resolusi Jihad melawan penjajah. 


Umat Islam terutama warga nahdliyin dengan adanya Fatwa Jihad tersebut rela berjuang membela agama dan bangsa Indonesia agar bebas dari penjajahan. 


Atas perjuangan pendiri NU negara dengan Fatwa jihadnya telah berikan gelar kepahlawanan, beliau bernama lengkap KH Muhammad Hasyim Asy'ari (14 Februari 1871 – 25 Juli 1947) adalah seorang ulama serta pahlawan nasional juga merupakan pendiri sekaligus Rais Akbar (pimpinan tertinggi pertama) organisasi massa Islam, yaitu NU. 


Beliau memiliki julukan Hadratussyaikh yang berarti mahaguru dan telah hafal Kutub al - Sittah (6 kitab hadits), serta memiliki gelar Syaikhu al Masyayikh yang berarti Gurunya Para Guru. Beliau adalah putra dari pasangan K.H. Asy'ari dengan Ny. H. Halimah, dilahirkan di Desa Tambakrejo, Jombang dan mempunyai salah satu putra KH. Wahid Hasyim termasuk Pahlawan Nasional, perumus Piagam Jakarta yang memiliki putra bernama KH Abdurrahman Wahid atau populer dengan sebutan Gus Dur Presiden RI ke 4. "Allahummaghfirlahum warhamhum wa 'afihi wa'fuanhum". Lahum al Fatihah. 🤲. (ian)