Tuntaskan Gresik Universal Science Tahun Ini, Pemkab Gresik Ngangsu Kawruh di Galeri Rasulullah

Gresik, beritakota. net | Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menargetkan Gresik Universal Science (GUS) rampung tahun ini. Hal ini disampaikan Bupati Yani dalam kunjungan studi tiru di Galeri Rasulullah, Masjid Al Jabbar Kota Bandung, Senin (22/07).


"Kunjungan ini kita harapkan menjadi suatu inspirasi dalam pembangunan kompleks Islamic Center di Balongpanggang yang akan kita tuntaskan di tahun 2024 ini. Dari kunjungan ini, kita dapatkan banyak konsep, ide, dan kreativitas yang dapat kita terapkan di Balongpanggang," terang Bupati Yani.


Sebagaimana diketahui, terdapat tiga bangunan di kompleks _islamic center_ Balongpanggang. Satu diantaranya adalah Masjid KH. Robbach Ma'sum yang telah diresmikan pada bulan Maret lalu. Dari kompleks bangunan tersebut, salah satunya akan dibangun gedung yang difungsikan sebagai Art Science dan perpustakaan.


Pemilihan lokasi Galeri Rasulullah di Mesjid Al Jabbar juga punya alasan tersendiri. Galeri Rasulullah sendiri terkenal dengan desain arsitekturnya yang futuristik serta koleksi yang mengedepankan teknologi interaktif.


Fasilitas ini tidak hanya menjadi tempat edukasi, tetapi juga destinasi wisata yang menarik bagi masyarakat luas. Disamping karena lokasinya yang sama-sama menjadi satu kompleks dengan Masjid, tema galeri dan penggunaan teknologi modern juga menjadi pertimbangan khusus.


"Tidak hanya itu, kita juga mendapat pelajaran baru terkait dengan payung hukum, hingga pengelolaan dan perawatan yang menjadi evaluasi kita agar nantinya pembangunan GUS di Balongpanggang menjadi lancar," terangnya.


Bupati Yani mengungkapkan, terkait GUS nantinya akan mengangkat konten kearifan lokal dengan konsep art digital. Semuanya akan di konsep digital yang menarik dan modern agar menjadi daya tarik dan sumber edukasi bagi anak-anak sekolah. Ini nantinya akan diintegrasikan dengan tersedianya sentra UMKM yang menjual produk-produk lokal baik itu kuliner maupun cinderamata.


Kunjungan studi tiru ini menjadi lebih spesial dengan keikutsertaannya par jurnalis dari Kabupaten Gresik. Dua organisasi jurnalis besar di Kabupaten Gresik turut mengawal terwujudnya mimpi besar Bupati Yani di kompleks _islamic center_ di Balongpanggang.


"Kehadiran rekan-rekan jurnalis Gresik ini kita harapkan bisa menginformasikan kepada masyarakat bahwa nanti kita akan mempunyai museum digital di Balongpanggang. Tidak usah jauh-jauh ke luar negeri, nanti di Balongpanggang itu akan ada," tutupnya. (ian)