Hipmi Gresik Bertekad Bangun Ekosistem Kewirausahaan Berkelanjutan Melalui Transformasi

Gresik, beritakota.net | Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Gresik masa bakti 2024-2027 resmi dilantik oleh Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Timur Rois Sunandar Maming di Giriloka Ballroom Hotel Aston Inn, Gresik, Minggu (28/7/2024).


Kepengurusan tersebut merupakan hasil Musyawarah Cabang (Muscab) V pada 05 Mei 2024 lalu. Terpilihnya Nur Rahmad Yani sebagai Ketua BPC HIPMI Gresik akan melanjutkan tongkat estafet yang sebelumnya dipegang oleh Dimas Setyo Wicaksono alias Samid.


Nur Rahmad Yani, atau yang akrab disapa Mas Yayan yang juga adik Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani ini berkomitmen akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Gresik dan stakeholder, untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.


"Salah satu program HIPMI yaitu mengurangi angka pengangguran, berkolaborasi bersama Disnaker, Kadin, Apindo dan stakeholder. Selain itu ada pendampingan bagi teman-teman yang pelatihan masuk dunia industri," singkatnya. 


Di tempat sama, Ketua Umum BPD Hipmi Jawa Timur, Rois Sunandar Maming mengatakan, Jawa Timur adalah aset HIPMI yang cukup dipandang dengan keanggotaan terbesar. Dirinya berpesan kepada BPC HIPMI se Jawa Timur untuk mandiri dan punya nama besar di daerahnya masing masing. 


"HIPMI tidak boleh memberatkan pemerintah daerah maupun pusat. Maka perlu kolaborasi dan benar-benar bisa memberikan kontribusi dalam kemajuan dan pembangunan di Kabupaten Gresik, " tandasnya. 


Dalam pelantikan tersebut, Fandi Akhmad Yani turut hadir dan menyampaikan harapan agar HIPMI Gresik mampu menangkap potensi-potensi daerah untuk dikembangkan di bidang bisnis atau usaha. Kabupaten Gresik mempunyai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),  ekosistem dunia industri kedepan mempunyai tantangan berat. 


"Ada sebuah kajian yang dilakukan oleh Litbang Universitas Indonesia (UI) yang sedang berjalan. Dalam proses kajian tersebut ada temuan menarik yang menjadi tantangan bersama. Dan kita harus punya solusi tantangan tersebut yaitu berkaitan dengan penyerapan tenaga kerja, " katanya. 


Maka, lanjut Gus Yani (sapaan akrab Bupati Gresik) mencetak kader muda sebanyak mungkin harus dilakukan teman teman HIPMI. Jangan berkompetisi namun harus ada kolaborasi. Adanya KEK kita bangun ekosistem agar belanja industri tetap mengedepankan kearifan lokal dan potensi yang ada di Kabupaten Gresik. 


"Kita optimalkan kearifan dan potensi lokal. Untuk itu perlu adanya sinergitas antara pemerintah dan pengusaha muda terutama HIPMI di Kabupaten Gresik, " pungkasnya. ian