Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani Peduli Nelayan Berdaulat Berikan Bantuan Paket Sembako

Gresik, beritakota.net | Pemerintah Kabupaten Gresik terus berupaya dalam membantu para nelayan. Salah satunya yaitu melalui bantuan sosial berupa paket sembako, secara simbolis bantuan itu diserahkan 200 paket sembako pada nelayan dari jumlah 1000 nelayan di wilayah utara yang mendapatkan bantuan tersebut. Acara penyerahan digelar di Kantor Kecamatan Bungah, Kamis (16/05/2024).


"Semoga bantuan paket sembako ini bisa meringankan beban para nelayan," ujar Gus Yani sapaan akrab Fandi Akhmad Yani.


Menurut Gus Yani sudah tugas Bupati Gresik memberikan bantuan tersebut dan tidak perlu disalah artikan, apalagi dikait-kaitkan kepentingan tertentu.


"Apa salah kalau Bupati Gresik berikan bantuan sembako pada nelayan, justru nanti akan disalahkan kalau Bupati tidak berikan bantuan bila ada warga misalnya nelayan yang tidak bisa bekerja karena musim cuaca tidak bisa melaut," tanya Gus Yani.

Dikatakan Gus Yani Dinas Perikanan tidak perlu takut dengan bantuan sosial, karena sudah menjadi kewajiban Pemkab Gresik memberikan bantuan paket sembako ini, supaya bisa meringankan beban karena kerja mereka praktis hanya 8 bulan sehingga pada saat masa kekosongan mereka pada saat musim angin barat tidak bekerja maka perlu diberikan bantuan tersebut.


Selain itu lanjut Gus Yani untuk meringankan beban para nelayan dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) di wilayah Gresik Utara melalui Dinas Perikanan juga berikan bantuan BBM bersubsidi.


"Kami akan terus melakukan upaya untuk sejahterakan para nelayan termasuk membantu mereka mendapatkan BBM bersubsidi," lanjutnya.


Sementara itu Plt Kepala Dinas Perikanan Gresik Johar Gunawan menambahkan 200 paket sembako dibagikan secara simbolis dalam program Dinas Perikanan Gresik yang diberikan pada nelayan secara berkala, terutama pada saat musim cuaca angin barat seperti sekarang ini mereka tidak bisa melaut.


"Kami menjalankan Program Bapak Bupati Gresik agar bisa sejahterakan dengan meringankan beban para nelayan yang tidak bisa bekerja karena musim angin barat," ujar Johar Gunawan.


Mantan Kabag Humas Pemda Gresik yang pernah Kabag Umum ini melanjutkan program Dinas Perikanan, salah satunya bidang kenelayanan yaitu kegiatan para nelayan bisa tangkap ikan di perairan pesisir dan budidaya agar para nelayan bisa mengembangkan usahanya.


"Tapi kalau pada musim cuaca angin barat kendala nelayan tidak bisa melaut, maka kami  bersama para penyuluh ke lapangan untuk salurkan bantuan sosial agar bisa meringankan beban hidup mereka," ujarnya.


Sementara itu Camat Bungah Moch Izzul Muttaqin dalam sambutannya menambahkan terima kasih kepada Bupati Gresik, Plt Kepala Dinas Perikanan yang disambut gembira para nelayan atas bantuan tersebut.

 

Misalnya Ali Santoso (43) salah satu nelayan asal Sidayu mengaku senang atas bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman nelayan.


"Bantuan yang diberikan setiap tahun saat musim barat, menjadi bukti kepedulian Pemerintahan Gresik dibawah kepemimpinan Bupati Gresik Gus Yani dan Wabup Gresik Dr. Hj Aminatun Habibah terhadap masyarakat khususnya nelayan Kabupaten Gresik," ujarnya. 


Dalam kesempatan acara penyerahan bantuan paket sembako ini dengan tagline, "Go Tani Sektor Pertanian Bhakti Peduli Nelayan Berdaulat" selain turut dihadiri pejabat Forkopimcam Kecamatan Bungah, Kepala Dinas Sosial Umi Khoiroh, Forkopimcam Bungah, Camat Sidayu Suwartono, Camat Manyar Hendriawan Susilo, tampak hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Misbahul Munir, Dirut PD Bank Gresik, Kepala Dinas PMD Abu Hasan, serta Kominfo dan Humas Pemkab Gresik dan para kades se Kecamatan Bungah, Manyar dan Dukun. ian