Wisatawan Kapal Pesiar Genting Dream Cruise Kunjungi Balai Kota

Rabu, 27 Desember 2017 23:42

Surabaya (beritakota.net) Kapal pesiar paling besar, paling mewah yang memiliki kapasitas sekitar 6.000 penumpang tersebut, Selasa (26/12/2017) berlabuh di Surabaya.

Kapal pesiar bernama Genting Dream Cruise ini berasal dari Hongkong, dan membawa penumpang dari berbagai warga negara. Saat berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, setengah penumpangnya, sekitar 3.000 orang, turun dan mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di Surabaya, termasuk pantai Kenjeran, taman-taman, museum Kapal Selam dan pusat perbelanjaan di Tunjungan Plaza 1 hingga Tunjungan Plaza 6, ITC dan Jembatan Merah plaza.

Hanya sekitar 100 orang wisatawan manca negara penumpang Kapal pesiar Gentring Dream Cruise yang mampir ke Balai kota. Kedatangan wisatawan tersebut disambut oleh kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Widodo Suryantoro.

Para wisatawan dihibur oleh berbagai atraksi, salah satunya adalah tampilan Reog ponorogo, tari-tarian tradisional dan gerai UKM. Dalam acara press conference, Widodo menyebutkan bahwa wisatawan dari manca negara yang berkunjung ke kota Surabaya dari awal Januari hingga Desember ini sudah mencapai sekitar 24 jutaan orang.

"Ini tidak termasuk yang mengunjungi Kebun binatang Surabaya dan pantai Kenjeran. Untuk meningkatkan promosi Surabaya Visit, kita juga mengajak kerjasama beberapa travel agent. Kita buat MOU agar pemilik travel agent bisa benar-benar mempromosikan Surabaya ke berbagai negara," terang Widodo.           

Widodo mengakui saat ini wisatawan mancanegara lebih banyak mengunjungi mal-mal yang ada di Surabaya. "Bukan saja karena mereka ingin melihat sendiri produk yang mereka jual dan sudah dipasarkan di Surabaya, tetapi mereka juga melakukan penetrasi pasar. Mereka ingin mencari tahu produk apa yang bisa dipasarkan di Surabaya. Disamping berbelanja, mereka juga melakukan promosi," sambung Widodo.                   

Apa yang diharapkan oleh Widodo selayaknya juga dibarengi oleh kesiapan pemkot Surabaya untuk benar-benar membuat wisatawan betah dan nyaman saat mengunjungi kota Surabaya.

Karena disadari atau tidak, saat wisatawan berbelanja di gerai UKM yang disiapkan Pemkot secara dadakan di halaman Taman Surya, para wisatawan cukup kecewa saat ingin berbelanja, produk yang dijual sebagian besar masih menggunakan uang rupiah.

Sementara para wisatawan tidak memiliki persediaan uang rupiah, sehingga para wisatawan tersebut kesulitan mendapatkan produk yang mereka inginkan. Bahkan sebagian besar bermurah hati memberikan dolar mereka, meskipun mereka tidak paham dan tidak tahu persis berapa harga produk yang mereka beli.

"Buat oleh-oleh karena kelihatan bagus, rasanya enak dan murah ya," canda Michael warga negara Philipina yang juga menjadi salah satu karyawan kapal pesiar mewah Genting Dream Cruise.

Michael mengakui bahwa Surabaya yang elok, masyarakatnya juga ramah, sangat terkenal di negaranya, bahkan para penumpang kapal Pesiar mewah Genting Dream Cruise memang sudah lama berangan-angan mengunjungi Surabaya.

Michael berharap dirinya dan.juga keluarga nya suatu saat nanti bisa kembali mengunjungi kota Surabaya. "Mungkin butuh waktu yang agak lama supaya puas kemana-mana. Surabaya cantik, penarinya cantik, saya suka sekali," guraunya. and.dan

Rate this item
(0 votes)
Read 118 times