Ika Hidayat Terpilih Ketua Kartar Kabupaten Gresik

Senin, 26 September 2016 21:55
Gresik (beritakota.net) - Ika AF Hidayat terpilih menjadi Ketua Karang Taruna (Kartar) Kabupaten Gresik pada pemilihan ketua organisasi pemuda ini yang digelar di gedung Putri Mijil Pendopo Alun Alun Gresik, kemarin.
 
Figur ketua baru Ika AF Hidayat menjadi harapan Kartar untuk memajukan kinerja roda organisasi kedepan agar lebih baik. 
 
"Kita akan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menjalankan program Karang Taruna agar lebih baik, di Karang Taruna ini tidak lebih dari sebuah pengabdian," ujar Ika Hidayat. 
 
Menurut alumni IAIN/Uinsa Surabaya ini, dalam menjalankan kinerja organisasi kepemudaan ini tidak akan sendirian, namun lanjut Ika Hidayat, akan memfungsikan seluruh pengurus sesuai dengan tupoksinya masing-masing. 
 
"Kami akan mengajak seluruh pengurus untuk bersatu dalam menjalankan program serta jangan saling sikut sesama pengurus", ujar Ika Hidayat yang juga Ketua KWG (Komunitas Wartawan Gresik) ini.
 
Perlu diketaui, karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda di desa/kelurahan. Karang Taruna didirikan diantaranya bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan sosial bagi generasi muda agar pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial di lingkungannya.
 
Selain itu, koordinasi konstruktif dengan Pemerintah Kabupaten Gresik, khususnya dengan Dinas Sosial selaku pembina fungsional, harus terjalin baik. Hal ini penting, sehingga apa yang dikerjakan Karang Karuna dan Pemkab Gresik ke depan dapat seiring dan sejalan. Sebab itulah makna hakiki dari keberadaan Karang Taruna. Sebagai tenaga penggerak pembangunan kesejahteraan sosial, Karang Taruna memiliki peranan yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat.
 
"Karena itu dan agar dapat meningkatkan potensi dan peran aktif tersebut, maka diperlukan upaya koordinasi, kolaborasi, komunikasi dan kerjasama antar Karang Taruna,'' ungkap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gresik,  Sutaji Rudi saat menghadiri pergantian Ketua Kartar Kabupaten Gresik ini.
 
Sementara Johar Gunawan mantan ketua Karang Taruna Kabupaten periode 2011-2016 yang baru saja didemisioner, menaruh harapan besar pada ketua baru. Sebab pekerjaan rumah yang dinjlai berat seperti mengsingkronisasikan antara karangtaruna Desa dan Kecamatan tidaklah mudah. Paling tidak, Karang Taruna dapat diperdayakan oleh perusahaan perusahaa yang berada di wilayahnya.
 
"Koordinasi Karang Taruna desa dengan unsur basis desa,  seperti pemuda yang diharapkan bisa membantu kerja kelurahan," ujar Johar Gunawan.
 
Meski begitu, lanjut Johar Gunawan, kelurahan sendiri banyak yang kurang bersinkronisasi dengan Karang Taruna, jadi harus bisa membedakan Karang Taruna dengan pemudah yang hanya bergerak saat ada moment tertentu saja.
 
"Saya harap Ketua baru bisa mendorong anggota pada proses pemabangun  musyawarah pembangunan desa sehingga bisa memenuhi fungsinya," paparnya. Yan
 
Rate this item
(0 votes)
Read 436 times