Perwakilan UN Habitat Respon Positif Kesiapan Gelar Prepcom 3 for UN

Senin, 13 Juni 2016 20:53

Surabaya (beritakota.net) Kesiapan Kota Surabaya menggelar agenda internasional, Prepatory (Prepcom) 3 for UN Habitat III pada 25-27 Juli 2016 mendatang, mendapat respons positif dari perwakilan UN Habitat dan juga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR).

Termasuk kesiapan terkait keamanan. Bahwa kondisi Kota Surabaya kondusif dan sudah siap menyambut ribuan delegasi dari 193 negara. Respons positif tersebut disampaikan oleh perwakilan dari UN Habitat dan juga Kementrian PUPR ketika rapat koordinasi terkait persiapan pengamanan Prepcom 3 UN Habitat III di ruang sidang wali kota di Balai Kota Surabaya, Senin (13/6).

Hadir dalam rapat tersebut, Asisten I Sekkota, Yayuk Eko Agustin, Asisten III Sekkota, Hidayat Shah, Kepala Bakesbang Linmas Kota Surabaya, Soemarno, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Candra Oratmangun, Kepala Bagian pemerintahan Eddy Chrisjanto. Juga personel dari Satpol PP, Dinas Kesehatan, Bagian Perlengkapan dan Bagian Humas. Serta dari Polda Jatim, Polrestabes Kota Surabaya dan Polres Tanjung Perak.

"Agenda Prepcom III ini sangat penting. Kami melihat Surabaya sudah melakukan banyak persiapan. Termasuk juga memiliki rencana pengamanan. Yang terpenting, kami akan melihat langsung ke lokasi," ujar Xavier Mestres, perwakilan dari UN Habitat.

Repons bagus juga disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementrian PU PR, Iwan Nurwanto. Menurutnya, untuk pengamanan lokasi sidang sudah siap semua.

Apalagi nanti nya juga akan ada pengamanan dari PBB di lokasi yang masuk kategori blue zone. "Untuk yang pengamanan dari PBB, kita mendukung secara fisik. Intinya kita sudah siap. Surabaya sudah siap untuk pengamanannya," ujar Iwan.

Rapat koordinasi tersebut tidak berlangsung lama. Tidak sampai satu jam, rombongan dari UN Habitat, Kementrian PUPR dan Pemkot Surabaya bersama jajaran Polda, Polrestabes dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Grand City sebagai lokasi sidang UN Habitat.

Mereka meninjau ruangan Convention Hall yang nantinya diplot sebagai ruangan utama konferensi. Juga Ballroom yang akan dipakai untuk working group.

"Kita memantau semua lokasi di Grand City yang akan dijadikan venue Prepcom III Un Habitat nanti. Dan ini nanti kurang lebihnya akan kami diskusikan kembali dengan utusan dari UN Habitat dan juga Kementrian PUPR," ujar Kepala Bakesbang Linmas Kota Surabaya, Soemarno yang ikut dalam Sidak tersebut.

Sebelumnya, ketika rapat koordinasi di Balai Kota, Asisten I Sekkota, Yayuk Eko Agustin menyampaikan bahwa pelaksanaan pengamanan akan dimulai pada H-2 sebelum acara digelar dan H+2 setelah acara. Yakni pada tanggal 23 hingga 29 Juli 2016.

Yayuk juga menjelaskan perihal beberapa agenda side event dan juga City Tour yang bisa dinikmati oleh delegasi dari 193 negara yang hadir ke SuUrabaya.

"Untuk tanggal 23 Juli nanti akan ada pameran lukisan anak-anak dan juga festival layang-layang. Nantinya, setiap hari ada side event, ada festival dan juga art performance. Juga tour ke kampung, taman kota juga kawasan mangrove. Khusus untuk tanggal 25 itu malam nya akan ada welcome dinner bersama bu wali," jelas Yayuk Eko Agustin. and

 

Rate this item
(0 votes)
Read 58 times