Penumpang di Terminal Purabaya Bisa Nikmati Fasilitas Baru

Kamis, 13 April 2017 09:43

Surabaya (beritakota.net) Calon penumpang Terminal Purabaya kini semakin dimanjakan dengan fasilitas yang semakin nyaman. Selasa (11/4), fasilitas ruang tunggu lantai 2 Terminal Purabaya akhirnya diresmikan.

Lantai 2 tersebut digunakan untuk melayani calon penumpang bus antar kota dan antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP).

Ruang tunggu terminal itu terhubung dengan shelter bus di seberangnya. Untuk AKDP, tersedia 16 lajur tangga bagi penumpang. Sementara itu, di sisi AKAP tersedia 10 lajur. Lajur bertangga tersebut mengantarkan langsung calon penumpang ke bus tujuan.

"Hal ini banyak memberikan keuntungan bagi calon penumpang sebab mereka bisa terhindar dari calo. Dari segi keamanan juga terjaga sehingga mereka tidak perlu takut tertabrak oleh bus saat hendak menaiki bus," kata Kepala UPT Terminal Purabaya, Indera Gani.

Diperkirakan lantai 2 Terminal Purabaya ini bisa menampung 2.000 calon penumpang dengan perincian ruang AKAP menampung 500 orang dan ruang AKDP memuat 1.500 orang

Menurut Indera Gani lantai dua ini merupakan ruang tunggu bagi penumpang bus yang ada di Terminal Purabaya. Berbeda dengan ruang tunggu sebelumnya, di lantai dua ini berkapasitas lebih besar dan terdapat sejumlah fasilitas baru yang bisa digunakan.

''Fasilitas baru tersebut antara lain yaitu eskalator dan koridor yang mengarahkan penumpang langsung ke bus sesuai dengan tujuan penumpang,'' jelasnya.

Dengan adanya koridor ini dapat mengurangi resiko penumpang bertemu dengan calo, dimana selama ini sering dikeluhkan oleh calon penumpang.

Apalagi calo terkadang memaksa dan menarik-narik penumpang agar masuk ke bus nya. Petugas Terminal Purabaya sudah melakukan sosialisasi kepada calon penumpang dengan menempatkan sejumlah papan petunjuk yang menginformasikan agar calon penumpang naik ke lantai dua.

Di lantai dua calon penumpang akan langsung terhubung dengan shelter keberangkatan. Untuk memudahkan calon penumpang membawa barang bawaan, Terminal Purabaya juga dilengkapi dengan adanya troli.

''Tersedia juga jalur khusus untuk penyandang disabilitas,'' tandasnya. Dengan demikian Terminal Purabaya sudah beroperasi layaknya Bandara. Ini diharapkan bisa membuat calon penumpang makin nyaman dan merubah stigma bahwa terminal itu kumuh. and/dan

 

Rate this item
(0 votes)
Read 134 times