Diskes Kolinlamil Ceramah Kesehatan di Marunda

Rabu, 23 Juli 2014 11:32

Jakarta (beritakota.net) Dinas Kesehatan (Diskes) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Senin, (17/6), di SD Negeri Marunda 02 Cilincing, Jakarta Utara.

Menurut Kadiskes Kolinlamil ceramah kesehatan yang dilaksanakan ini merupakan bakti kesehatan tahun 2013 yang dilaksanakan Kolinlamil dalam rangkaian memperingati HUT ke-52 Kolinlamil.

Kegiatan ceramah kesehatan tersebut disampaikan kepada 350 siswa dari kelas 3 sampai kelas 6 yang didampingi 8 guru di SD Negeri Marunda 02 Pagi Cilincing dan dihadiri Kepala Sekolah Syarifudin S.Pd.

Penyuluhan kesehatan dengan topik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui Kesehatan Gigi dan Cara Perawatan Gigi, disampaikan oleh Kapten Laut (K) drg. Djarot dibantu Sertu (Rkg) Syaiful Bahri, yang mengajarkan kepada para siswa kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi dan bagaimana cara menggosok gigi yang benar serta cara memilih sikat gigi yang baik.

Sedangkan pada sesi kedua disampaikan penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat oleh Mayor Laut (K/W) Jamilah dan Kopda Rum Muslimin Al Ayubi dengan materi cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar. Dimana dibutuhkan beberapa peralatan di antaranya, sabun/antiseptic, air bersih, dan lap/tisu kering bersih.

Tim penyuluh kesehatan juga menyampaikan bahwa dengan melakukan pencucian tangan yang bersih dan teratur dapat menjauhkan kita dari virus, bakteri dan kuman sebagai penyebab penyakit yang umumnya menyerang sistem pencernaan tubuh manusia seperti diare.

Di akhir kegiatan penyuluhan tersebut, diserahkan 350 paket bingkisan berupa peralatan dan bahan yang dibutuhkan oleh para siswa untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, 25 paket alat pembersihan untuk guru dan penjaga sekolah serta 1 dus peralatan kebersihan untuk sekolah yang diterima oleh Syarifudin S.Pd. sebagai perwakilan dari pihak sekolah. rls/brt

Caption: Penyuluhan Kesehatan: Tim Kesehatan Diskes Kolinlamil saat memberikan penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada para siswa-siswi SD Negeri Marunda 02 Cilincing, Jakarta Utara dalam kegiatan bakti kesehatan tahun 2013 sebagai rangkaian memperingati HUT ke-52 Kolinlamil di Marunda, Jakarta Utara.

Rate this item
(0 votes)
Read 260 times