Pelindo III Group Gowes Bareng

Kamis, 23 November 2017 19:34

Surabaya (beritakota.net) Dengan rutin bersepeda, tubuh akan menjadi lebih bugar, serta bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pernafasan. Seperti dikutip dari hasil penelitian The Compendium of Physical Activities Tracking Guide, bersepeda santai dengan kecepatan kurang lebih 16 Km/Jam dapat membakar 272 kalori/jam.

Seperti pada Rabu pagi (22/11) Jalan Basuki Rahmat - Jalan Indrapura - hingga Perak Timur tampak suasana  ramai grup orang naik sepeda berkostum warna warni membawa sepedanya masing-masing.

Sebagaimana program budaya sehat Pelindo III Grup, setiap hari Rabu pegawai kantor pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dan anak perusahaan bersama-sama bersepeda menuju ke kantor (Bike to Work).

Hal ini dilakukan sebagai upaya perilaku hidup sehat dan bentuk kepedulian terhadap lingkungan yaitu dengan mengurangi polusi udara yang ditimbulkan oleh asap kendaraan.

Spesialnya, kali ini PT Pelindo Husada Citra (PT PHC) menjadi tuan rumah Program Bike to Work setelah sebelumnya program yang sama dilaksanakan di TPS dan BJTI.

"Giliran PT PHC untuk mengembalikan staminan rekan-rekan Pelindo III Group setelah bersepeda. Kami sendiri sangat mendukung program budaya sehat ini melalui keikutsertaan pegawai PT PHC untuk bersepeda ke kantor dengan prinsip selama tidak kontraproduktif dengan operasional rumah sakit", ungkap Direktur Utama PT PHC Dokter Agus Akhmadi.

Start di Hotel Bumi Surabaya Jalan Basuki Rahmat, peserta Bike to Work termasuk Jajaran Direksi Pelindo III Group bersama-sama mengayuh sepeda menuju titik Finish di PT PHC. Sepanjang perjalanan, peserta dapat menikmati udara segar dan suasana Kota Surabaya pada pagi hari yang masih lengang. Pasalnya kegiatan bike to work dimulai pada pukul 05.30 pagi.

Sesaat setelah finish, salah satu peserta, Prita (29) mengungkapkan pendapatnya mengenai kegiatan ini. "Ini pertama kalinya saya ikut sepeda'an bareng teman-teman. Seneng sih, karena disamping badan terada lebih segar setelah bersepeda, kita juga dapat suasana dan teman baru dari perusahaan lain. Suasana yang jarang saya dapatkan jika berangkat menggunakan sepeda motor atau jalan kaki ke kantor. Capek dikit sih, tapi gak terasa karena ramai bersepeda", kata Prita sambil tersenyum.

Acara yang kali ini dihadiri hampir 140-an peserta itu nantinya akan secara kontinyu terus dilakukan setiap hari Rabu, mengingat banyaknya manfaat yang didapat dengan bersepeda. Menurut Dokter Agus bersepeda banyak berdampak positif bagi tubuh,

"Bersepeda secara teratur dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah" jelasnya.

"Selain itu, bersepeda juga dapat mengurangi kemacetan, mengurangi polusi udara, kebisingan dan mengurangi kepadatan lalu lintas. Namun perlu diperhatikan keselamatan dalam bersepeda mengingat wilayah Pelabuhan Tanjung Perak termasuk kategori jalur padat dan dilalui banyak kendaraan berat. Peserta bike to work tetap harus dielengkapi dengan safety wear yang mendukung," tutur Dokter Agus. and.dan





Rate this item
(0 votes)
Read 33 times