PDAM Surya Sembada Kehilangan Air Senilai Rp16 Miliar

Selasa, 03 April 2018 18:19

Surabaya (beritakota.net) Hasil sidak meteran air di kawasan industri Rungkut dan Margomulyo oleh PDAM Surya Sembada, Senin (2/4/2018) kemarin, menemukan kehilangan air untuk industri sebanyak 53%. Sedangkan kalau di rupiahkan nilainya sebesar Rp16 milliar setiap tahunnya. 

Untuk itu, PDAM Surya Sembada melakukan pengecekan secara keseluruhan di kawasan industri yang sangat berpotensi dugaan pencuriaan air dan kecurangan meteran air. Dengan menyebar semua petugas untuk melakukan sidak sekaligus merubah meter air menjadi digital.Direktur Utama PDAM Surya Sembada, Mujiaman Sukirno ketika ditemui mengatakan,  pihaknya terus melakukan pemeriksaan di semua perusahaan atau industri yang ada di Surabaya. Termasuk memeriksa semua meteran air di dalam perusahaan.

Mujiaman mengatakan, untuk kehilangan air di Surabaya hari ini mencapai 33%, itu setara dengan kehilangan uang sebesar Rp300 milliar per tahun. 

‘’Kemudian, setelah kita teliti lagi, ternyata di SIER kehilangannya separoh lebih dari 53%. Nilainya untuk kelompok 4D masukan sekarang hanya Rp16 milliar, berarti kalau itu riil ada seharusnya Rp36 milliar, itu khusus untuk golongan 4D,’’ ucap Mujiaman ketika ditemui Selasa (3/4/2018).

Mujiaman juga mengaku rugi besar akibat kecurangan dan dugaan pencurian di dua kawasan industri Sier dan Margomulyo. Banyak perusahaan setiap bulan hanya membayar tagihan Rp500 ribu, padahal pemakaian air lebih besar. 

‘’Karena hampir 5 tahun tidak pernah ada petugas melakukan pemeriksaan secara detail. Ternyata meteran air kami mengalami masalah di 3 ribu perusahaan kawasan Sier dan Margomulyo, sehingga menyebabkan kerugiaan hingga Rp300 miliar,’’ kata Mujiaman.

Tidak ingin kecuriaan air lebih lanjut, PDAM Surya Sembada bulan Juni 2018 ini melakukan penggantian semua meteran air dengan sistem digital. 

Sedangkan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini meminta kepada pihak PDAM Surya Sembada untuk lebih serius menangani semua perusahaan yang memakai air lebih besar dari rumah tangga. Serta mendukung langkah PDAM Surya Sembada yang berani melakukan pengecekan langsung di 2 kawasan industry tersebut. and.dan

Rate this item
(0 votes)
Read 26 times