Konjen Jepang Resmikan Proyek Bantuan Hibah

Kamis, 16 Juni 2016 00:11

Bondowoso (beritakota.net) Upacara Peresmian Proyek peningkatan kesehatan ibu dan anak melalui penguatan kapasitas kelembagaan posyandu dan dukungan sarana persalinan Ponkesdes di Kecamatan Binakal dan Kecamatan Pakem telah dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2016 di Desa Sumberwaru Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso.

Proyek dimulai pada bulan Maret 2015 dengan periode proyek selama 1 tahun. Proyek ini dilaksanakan oleh organisasi Pusat Studi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSPSDM) melalui Program Bantuan Hibah untuk Keamanan Manusia Tingkat Akar Rumput atau yang biasa dikenal dengan Grant Assistance for Grass-Roots Human Security Projects (GGP) sebesar USD 84,980 (IDR 1,086,116,450).

Acara ini dihadiri Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Bapak Yoshiharu Kato, Bupati Situbondo Bapak Amin Said Husni, Kepala Kantor BAPPEDA, Kepala Dinas Kesehatan, serta sekitar 100 orang penduduk desa.

Dalam proyek bantuan hibah Pemerintah Jepang ini dilaksanakan beberapa pelatihan seperti pelatihan kader posyandu, pembuatan makanan tambahan, dsb, serta pengadaan alat-alat medis untuk Ponkesdes dan Posyandu, sehingga dapat mengurangi jumlah bayi dan balita gizi buruk di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Konjen Yoshiharu Kato menyampaikan melalui proyek ini, diharapkan para ibu hamil dapat melahirkan dengan tenang, serta dapat meningkatkan kesehatan anak-anak yang mengalami gizi buruk dan gizi kurang.

Sementara itu Bupati Bondowoso, Bapak Amin Said Husni menyampaikan bahwa bantuan ini sangat berharga bagi masyarakat Bondowoso dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dalam pertemuannya, Konjen maupun Bupati Bondowoso berharap semoga melalui proyek ini angka-angka kematian ibu hamil dan balita dapat menurun, serta berkurangnya jumlah balita dengan gizi kurang dan gizi buruk. and

Rate this item
(0 votes)
Read 97 times