Festival Budaya Jepang Nihon Bunkasai Digelar di Kaltim

Minggu, 05 November 2017 10:43

Samarinda (beritakota.net) Festival Budaya Jepang Nihon Bunkasai Kaltim 2017 digelar selama 3 hari dari hari Jumat (27/10) - Minggu (30/10), di SMAN 2 Samarinda oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jepang Kalimantan Timur bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya.

Festival ini dimeriahkan dengan berbagai lomba dan atraksi yang berkaitan dengan bahasa, seni dan budaya Jepang, antara lain lomba pidato bahasa Jepang, cerdas-cermat, menggambar animasi, menyanyi, cosplay, pengenalan shodo (seni kaligrafi Jepang), seminar tentang beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT) dan pemutaran film dari The Japan Foundation.

Sekitar 150 siswa peserta dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara mengikuti berbagai lomba menunjukan kemampuan masing-masing untuk menjadi sang juara dihadapan 300 lebih pengunjung yang terdiri dari pelajar, guru, orang tua murid dan masyarakat umum.

Pembukaan Nihon Bunkasai ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Samarinda, Dr Mukhtar Lubis, MPd. Menurut Dr Mukhtar Lubis dalam sambutannya menyatakan bangga atas prestasi anak didiknya meraih prestasi bahasa Jepang terbaik di UNAS dengan memperoleh nilai sempurna 100.

Ia berharap Nihon Bunkasai ini terus dikembangkan sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan, minat dan bakat siswa khususnya di bidang bahasa, seni dan budaya Jepang.

Sementara itu penutupan Nihon Bunkasai ini dilakukan oleh Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Masaki Tani. Dalam Sambutan penutupannya, Masaki Tani mengatakan sangat senang dan antusias dengan semangat siswa yang datang dari tempat jauh seperti Berau, Bontang, Tarakan, dan sebagainya.

Beliau berharap semoga para pembelajar dan peminat Jepang ini dapat mewujudkan impiannya untuk mengembangkan study dan bakatnya di Jepang serta dapat menjadi insan penghubung pertukaran Jepang-Indonesia.

Secara spontanitas Konsul Muda Keigo Kashiwabara juga mengatakan bahwa Nihon Bunkasai ini dengan mengajak para peminat Jepang untuk menyanyi dan menari bersama sehingga terjalin keakraban yang mesra antara insan kedua negara. and

 

Rate this item
(0 votes)
Read 36 times