Wartawan Senior Jatim Deklarasi Menangkan Khofifah-Emil

Rabu, 04 April 2018 23:03

Surabaya (beritakota. net)- Sejumlah senior  wartawan Jawa Timur siap menangkan Calon Gubernur Khofifah dan Calon Wakil Gubernur Elestianto Dardak nomer urut 1 pada 27 Juni mendatang. Hal itu terungkap dari Deklarasi Forum Masyarakat Jawa Timur Peduli Pemilihan Gubernur (Pilgub), Rabu (4/4) di Hotel Verwood Surabaya.

Deklarasi untuk masa depan Jawa Timur itu dipimpin Drs. H.Choirul Anam, H. Tatang Istiawan, Jalil Latuconsina, ketiga wartawan ini dikenal sudah malang melintang dan menjadi tokoh pers di Jawa Timur.

"Wartawan memang harus independen tapi juga tidak boleh membiarkan, apabila ada calon pemimpin yang tidak benar itu ndak boleh dibiarkan, namun harus diingatkan melalui tulisan berita disampaikan ke publik agar masyarakat tahu memilih pemimpin yang baik", terang Cak Anam sapaan akrab Choirul Anam saat menjelaskan tujuan deklarasi tersebut.

Menurut Cak Anam wartawan tidak saja menulis menjalankan tugas jurnalistik, melainkan punya tanggungjawab moral dengan masa depan bangsa terutama terkait kepemimpinan di alam demokrasi.

Maka menyikapi pilgub, lanjut Cak Anam wartawan harus jeli siapa calon yang benar-benar bisa bekerja memajukan Jawa Timur. "Saya melihat Emil pasangan dari Khofifah sangat cerdas punya pengalaman kelas dunia, waktu Emil datang ke tempat saya dia jelaskan konsep bagaimana membangun Jawa Timur bahkan bisa maju melebihi Belanda yang luas negaranya masih luas Jawa Timur", tambah mantan Ketua PW GP Ansor Jawa Timur ini.

Cak Anam yang mantan wartawan Tempo ini melanjutkan potensi Jawa Timur sangat strategis dan kaya kekayaan alamnya, namun sayangnya masyarakatnya masih banyak di bawah garis kemiskinan.

 "Ini kan berarti ada salah pengelolaan, jadi kedepan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim harus bisa makmurkan dan sejahterakan masyaratnya, nah Khofifah-Emil yang punya kemampuan itu", lanjut pemilik Harian Duta Masyarakat ini.

Sementara Tatang Istiawan menambahkan sengaja pihaknya inisiator bersama wartawan senior Jatim, karena terpanggil untuk ikut serta dalam demokrasi pilgub agar masyarakat tidak salah pilih gubernur.

"Kami tidak ingin calon gubernur hanya bisanya pemberi harapan palsu (PHP, red) sehingga paling tidak melalui media nanti bisa mengingatkan masyarakat supaya berhati hati", ujar Tatang Istiawan.

Dikatakan Tatang Istiawan calon gubernur harus bisa melanjutkan program Gubernur Soekarwo, karena sudah terbukti mengentas kemikinan juga bisa memajukan pendidikan.

 "Khofifah-Emil yang punya kempuan meneruskan kepemimpinan Pakde Karwo maka ini perlu kita dukung bersama", pungkas mantan Pemred Surabaya Post ini.

Acara deklarasi berlangsung sukses dihadiri ratusan wartawan, mereka seusai deklarasi menyikapi positif dan mendukung langkah senior wartawan Jatim. Bahkan salah seorang dari peserta mengaku gembira dengan deklarasi karena sebagai insan pers mempunyai tanggungjawab yang independensinya tidak seperti tentara atau polisi dan PNS.

Terpisah Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi kepada wartawan menyikapi bahwa deklarasi dukungan yang dilakukan oleh wartawan bukanlah bentuk dari pelanggaran.

 “Sebab mereka ini kan juga punya hak pilih. Jadi tidak ada masalah dengan itu, sebagai individu, mereka punya hak pilih. Tapi, sebagai insan media mereka wajib juga memiliki profesionalisme dalam setiap karya jurnalistik yang dihasilkan,” ujarnya. yan

Rate this item
(0 votes)
Read 142 times