Ormas Pancasila, SKP Sejatim Siap Deklarasi

Jumat, 26 Juli 2019 13:30
 Surabaya (beritakita.net) - Ormas Pancasil yaitu Satria Kita Pancasila (SKP) Jawa Timur segera terbentuk. Demikian penegasan Ketua DPD SKP Jawa Timur Charter Gideon Sumual SE, SH,MH didampingi Sekretaris DPD SKP Jatim Ahmad Yani Elbanis S.Ag, Jum'at (26/7).
 
Menurut Charter Gideon Sumual Ormas SKP menjawab tantangan perubahan zaman dalam NKRI, dimana generasi muda saat ini sudah banyak yang tidak mengenal Pancasila, maka perlu adanya wadah khusus yang konsen memperjuangkan nilai nilai Pancasila.
 
"SKP berkomitmen menjaga keutuhan negara dan bangsa dengan Pancasila", ujar Charter Gideon Sumual.
 
Dijelaskan mendirikan Ormas ini sesuai instruksi DPP SKP,  bukan untuk kepentingan diri sendiri atau ingin dipuji atau sesuatu jabatan dan,  tapi ini panggilan jiwa dan kepuasan Batin karena menjadi orang orang yg ikut mengimplentasikan nilai ketuhanan untuk kedamaian dan persatuan juga untuk menjaga NKRI negara ini.
 
"Sekalipun tidak ada semua orang yang hebat suci tapi paling tidak ada sesuatu untuk kita bersama lakukan dan biarlah anak anak cucu nanti boleh menikmati,  sama seperti Bung Karno bilang, saya berjuang untuk anak cucu agar mereka dalam kemerdekaan dan kedamaian bersama sama dalam perhatiannya sebagai Bangsa Indonesia yang merdeka lahir batin", tambahnya.
 
Sebelumnya SKP adalah Forum Kita Pancasila adalah Ormas ke-Pancasila-an,,,namun setelah didaftarkan ke Kemenhumham menjadi SKP. Ormas ini fokus kerjanya seruan moral menjaga Pancasila dari rongrongan separatisme kelompok-kelompok yang memaksakan kehendak mengganti dasar negara UUD '45 dan Pancasila. Juga dengan berbagai kegiatan sosial nantinya serta menjaga kerukunan antar umat beragama dalam konteks yang lebih luas untuk kepentingan bangsa.
 
"Ormas ini sebagai ijtihad untuk menyadarkan generasi millenial pentingnya Pancasila sebagai filosofi negara, Ormas ini juga mencetak generasi Pancasilais", imbuhnya.
 
Sementara itu pembentukan Ormas ini nantinya secara serentak akan dideklarasikan di seluruh Jawa Timur, saat ini sudah terbentuk pula cabang-cabang SKP di masing-masing kabupaten/kota.
 
"Tinggal nunggu instruksi DPP SKP nantinya akan kita deklarasikan secara serentak Sejatim", lanjutnya seraya menambahkan nantinya akan diadakan Munas SKP yang akan dihadiri Presiden Jokowi.
 
Ditegaskan Charter Gideon Sumual yang ingin bergabung di Ormas ini untuk Jatim untuk membumikan Pancasila dan memperkuat persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI dan terbuka umum.
 
"Silakan bergabung dengan kami di  SKP Jatim buat semua Suku, Agama sesuai semboyan kita Bhinneka Tunggal Ika," terangnya melanjutkan bagi yang ingin gabung dipersilahkan hubungi beliau langsung di Nomer HP/WA: 08125322-650  atau Sekretaris Propinsi SKP Jatim Ahmad Yani Elbanis: 081357333777. 
 
Sementara itu Wakil Ketua DPD SKP Jatim RM Boedhi menambahkan, untuk calon kepengurusan DPC SKP tingkat kabupaten/kota seyogyanya menunggu atau dikonsultasikan ke pusat DPP SKP melalui Propinsi DPD SKP Jatim.
 
"Semua ormas jalan atau tidak tergantung dari pengurus dan anggotanya. Banyak ormas didirikan hanya dimanfaatkan sebagai lahan kehidupan. Artinya duduk sebagai pengurus atau anggota hanya mencari duit atau diambil duitnya saja. Mereka tidak terbangun melakukan kegiatan, tapi SKP ini tidak demikian," ujar RM Boedhi.
 
Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto ini kemudian, menjelaskan bahwa SKP salah satu cara yang tidak bisa ditinggalkan sebagai  Warga Negara Indonesia sangat patut dan berkewajiban menyelamatkan dan menjaga NKRI dengan Pancasila. 
 
"Ormas SKP ini paling depan akan menghadapi rongrongan kelompok dan atau organisasi yang berkedok agama dengan dalil apapun, mereka harus kita lawan dengan memberikan kesadaran untuk kembali pada Ideologi Pancasila seutuhnya", paparnya menegaskan. brt/an
 
 
 
Rate this item
(2 votes)
Read 342 times