Lomba Orasi Ramaikan HUT SPSI Gresik

Rabu, 20 Februari 2019 14:31

Gresik (beritakota. net)- Peringati hari DPC Konfederasi SPSI Kabupaten Gresik ke 46, menggelar lomba orasi di gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik, Rabu (20/2).

Ada sekitar 7 peserta lomba orasi dari perwakilan sejumlah serikat dan perusahaan. Dalam orasinya, para peserta rata-rata menyorot soal kesejahteraan buruh yang masih rendah, dan banyaknya buruh yang tak dibayar sesuai ketentuan upah minimum kabupaten (UMK).

Sejumlah pejabat pemerintah ikut menyaksikan lomba buruh. Di antaranya, Ketua DPRD H. Ahmad Nurhamim, Wabup H. Moh. Qosim, Dandim 0817 Letkol Inf Budi Handoko, Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro, Ketua DPD Konfederasi SPSI Jatim Achmad Fauzi, Ketua DPC Konfederasi SPSI Gresik Ali Muchsin, dan sejumlah tamu undangan.
Dalam kesempatan itu, Ketua DPC Konfederasi SPSI Kabupaten Gresik, Ali Muchsin mengajak masyarakat, utamanya para buruh agar tidak golput. Menurutnya, dengan menyalurkan suara saat pemilu, hal itu sama dengan memperjuangkan nasib buruh.

"Saat ini, cari kesejahteraan tak hanya di pabrik, tapi bisa di luar seperti terjun ke politik," katanya. "Saya mengajak jangan golongan putih (golput). Gunakan hak politik. Kenapa? Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan adalah hasil politik," jelasnya.

Ia juga menyinggung era industrialiasi 4.0 yang akan menjadi tantangan bagi buruh. "Jangan kalah dengan Vietnam. Vietnam baru merdeka, kita sudah lama merdeka. Tunjukkan kita bisa," katanya.

Sementara Wabup Moh. Qosim mewakili pemerintah mengucapkan terima kasih kepada SPSI yang selama ini telah turut membantu menciptakan kondusivitas Kabupaten Gresik. "Kami berharap tercipta komunikasi yang baik antara pemerintah dan buruh," pungkasnya. ynn

Rate this item
(0 votes)
Read 37 times