Pansus LKPj Rekomendasi Perbaikan SKPD

Rabu, 13 April 2016 11:20

Gresik (beritakota.net) - Agenda pembahasan Laporan Kinerja Pertanggungjawaban (LKPj) Pemkab tahun 2015, terus dirampungkan. Panitia Khusus (Pansus) kembali melakukan pembahasan dengan sejumlah SKPD di ruang sidang paripurna DPRD Gresik, Rabu (13/4).

Dalam rangkaian agenda pembahasan tersebut, nantinya pansus akan mengeluarkan rekomendasi. Hal itu sebagai bahan evaluasi perbaikan kinerja SKPD Gresik pada tahun 2016 ini.

Ketua Pansus LKPj DPRD Gresik, Suberi, menerangkan, pembahasan yang dilakukan seluruh anggota pansus belum final. Karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui, sebelum di-paripurnakan. "Setelah pembahasan dengan SKPD, nanti akan ada finalisasi dengan tim ahli," katanya.

Tidak hanya itu, pansus yang berjumlah 21 anggota dewan tersebut, juga akan melakukan uji petik. Pihaknya akan ngecek langsung terkait kinerja beberapa SKPD. "Rencana uji petiknya dimulai minggu depan," lanjut dia.

Jika semua tahapan selesai dilakukan, baru akan di-paripurnakan sesuai jadwal pada tanggal 20 April mendatang. Menurut Suberi, dalam pembahasan LKPj Pemkab Gresik tahun 2015, akan menjadi acuan perbaikan kinerja eksekutif pada tahun 2016 ini.

"Nanti akan ada rekomendasi dan diserahkan kepada Bupati, agar menjadi perbaikan atau evaluasi kinerja SKPD ke depan. Karena yang dibahas saat ini adalah LKPj tahun 2015, maka akan menjadi acuan perbaikan pada tahun ini," tandas anggota fraksi Demokrat itu.

Meski belum final, tapi pihaknya sudah mempunyai beberapa catatan SKPD yang dinilai kurang maksimal. Antara lain Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP), Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD), serta Sat Pol PP.

"Kurang maksimalnya di BPMP ya terkait perizinan. Sedangkan untuk DPKAD tentang capaian target pendapatan belum merata dari tahap ke tahap. Kalau Sat Pol PP-nya, lebih ke penindakan atau penegakan aturan," paparnya.

Salah satu Anggota Pansus, Achmad Kusriyanto, menghimbau, rekomendasi dari pansus nantinya harus benar-benar diperhatikan. Dengan demikian, harapan bisa memperbaiki kinerja SKPD akan tercapai.

Jika rekomendasi pansus tidak diindahkan, lanjutnya, kemajuan Kabupaten Gresik bisa tersendat. Karena etos kerja dari SKPD selaku pelaksana tidak bisa berjalan dengan maksimal. "Ini adalah evaluasi untuk ke depannya," pungkasnya. adv/yan

Rate this item
(0 votes)
Read 223 times