Gresik Jadi Rujukan Daerah Lain

Kamis, 03 Maret 2016 23:57

Gresik (beritakota.net) Keberhasilan DPRD Kabupaten Gresik menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor galian C menarik minat daerah lain.

Kemarin, DPRD Sragen melakukan kunjungan kerja (kunker) di Gresik, khusus untuk membahas hal ini. Sebab, selama ini Gresik dinilai menjadi daerah yang telah berhasil menjadikan galian C sebagai sumber penting bagi APBD.

Ketua Komisi III DPRD Sragen Sugiyarto mengatakan Gresik berhasil melakukan pengelolaan galian C, industri serta persoalan pertambangan lain dengan baik. Sehingga, bisa memberikan sumbangan cukup besar kepada PAD. "Ini yang ingin kami pelajari, semoga bisa diterapkan di Sragen," tandasnya.

Dipilihnya DPRD Gresik sebagai tempat belajar lantaran direkomendasikan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab, menurut Kemendagri, Gresik merupakan salahsatu daerah yang berhasil menggenjot PAD dari sektor pertambangan galian C. "Kami awalnya melakukan konsultasi ke Kemendagri, namun kami disarankan belajar dari Gresik," tukas dia.

Ketua Komisi C DPRD Gresik Moh Syafi'AM mengatakan keberhasilan ini tidak lepas dari komitmen anggota dewan untuk melahirkan produk hukum. Selain itu, keharmonisan eksekutif dan legislative juga menjadi pengaruh yang cukup luar biasa.

"Kami dan eksekutive selalu membicarakan seluruh kebijakan dan program secara bersama-sama, sehingga hasilnya bisa maksimal," kata dia.

Wakil Ketua Komis C DPRD Gresik Markasim Halim Radianto mengatakan untuk bisa meningkatkan PAD dari sektor galian C maka harus ada penataan dan pengelolaan dengan baik. Salahsatunya, melalui Peraturan Daerah (Perda).

"Dulu PAD dari sektor galian C belum signifikan, namun dengan adanya Perda pertambangan pendapatannya meningkat cukup besar," katanya. adv/yan

 

Rate this item
(0 votes)
Read 217 times